2019 – Melebihi Ekspektasi

Maret 22, 2020


         2019 masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Masih penuh warna. Masih penuh beragam suka-cita. Tapi alangkah baiknya cukup yang elok-eloknya saja yang aku simpan. Bukan lara, bukan kecewa apalagi duka. Banyak yang terjadi. Banyak juga bahkan yang melebihi ekspektasi. Ketika harap ternyata diberi lebih oleh Tuhan, adalah nikmat yang tidak dapat digambarkan selain hanya dengan rasa syukur. Syukur, lagi, lagi, dan lagi.
        Aku masih ingat ketika menulis resolusi 2019 pada akhir tahun 2018. Buku ke-3. Itu merupakan salah satu resolusiku. Tapi buku ketiga yang aku maksud di sini adalah tentang perjalananku tahun 2018 lalu. Do’a yang tak henti-henti aku panjatkan untuknya. Alhamdulillah dikabulkan Allah SWT, buku ketiga. Walau bukan tentang perjalanan itu tapi Tuhan memberikan perjalanan lain melalui, Antargata. Ya, doa buku ketiga dikabulkan, tapi bukan buku yang diharap namun buku lain yang tak kalah punya sepak terjang yang lain. Dialah Antargata, salah satu pencapaian terbesarku di 2019 ini. Hamdallah.  
       Sebagai pengingat banyaknya kenangan yang terjadi di 2019, aku kembali mengukir jejak itu, di sini, dalam tulisan yang semoga kelak masih tetap dinikmati dan dibaca oleh anak-cucu bahkan diriku sendiri. Sebagai pengingat betapa nikmat Tuhan tak pernah berhenti mengalir. Lalu, masihkah jiwa fana ini meminta lebih lagi dan lagi? Astagfirullah…
---
January 2019
     Memulai awal tahun Alhamdulillah aku kembali diberi kesempatan untuk dapat menggapai puncak tertinggi di Jawa Barat, yaitu Ciremai. Tepat di hari Selasa 1 Januari 2019 aku berhasil mencapai puncak Ciremai melalui jalur Apuy. Pembuka awal tahun untuk pendakian gunung-gunung berikutnya.
       Lanjut di akhir Januari aku kembali dapat bersilaturahmi dengan seorang teman lama yang jarang bertegur sapa tapi masih saling mengingat satu sama lain. Menghadiri kondangan Ka Annie di Bekasi. Ka Annie ini adalah travelmate, seorang teman yang aku temui dalam perjalanan. Ya, karena jiwa pejalan Alhamdulillah komunikasi antara kami masih terus berjalan. Walau jarang, bukan berarti tak saling ingat. Happy wedding Ka Annie.


February 2019
          Bulan baru dengan aroma maju-mundur kepengen kuliah lagi. Hehe. Maklum di hari Sabtu 9 February aku berkesempatan menemani anak-anak ke Institut Pertanian Bogor (IPB). Seharian di kampus ini lumayan membuat semangatku kembali buncah untuk berencana melanjutkan studi kembali. Duh ya Allah, semoga ya di tahun 2020 ini kesampaian ambil master. Aamiin.
         Sabtu, 16 February. Alhamdulillah puncak kedua di tahun 2019. Pendakian Sumbing via Garung. Cerah membahana penuh pesona. 

March 2019
        Setelah dihantam gempa dan tsunami akhir tahun 2018 Anyer sekitar menjadi kelam. Hal tersebut dapat aku saksikan secara langsung hari Kamis 7 March ketika berkunjung ke Karang Bolong Anyer. Dampak musibah tersebut terlihat jelas. Betapa kurangnya minat orang untuk kembali berwisata ke Anyer, akhirnya mengakibatkan perekonomian masyarakat setempat yang mandat. Kasihan memang, tapi mau bagaimana lagi. Trauma mungkin masih melekat.
     Jumat-Senin, 1-5 March long trip perdana di 2019. Malang–Madura–Surabaya. Perjalanan lengkapnya dimulai dari sini.

       Aprl 2019
       Ngetrip lagi. Sabtu-Minggu 13-14 ke Kepulauan Seribu, Dolphin Island. Trip santuy sih ini, bersama teman-teman terdekat yang seirama.
      Sabtu-Minggu, 27-28 ke Kepulauan Seribu lagi tapi kali ini dalam rangka dinas ke Pulau Pari. Sebulan 2x ke Kepulauan Seribu. Mantul.

May 2019
Ramadan tiba, bulan berbagi yang berlipat ganda pahala. Alhamdulillah Ramadan tahun 2019 lalu aku berkesempatan mengikuti sebuah aksi buka puasa bersama @aksikami berbagi dengan adik-adik di salah satu panti asuhan di Jakarta. Ada hal yang lumayan membuat hatiku cukup meleleh. Ketika kami berpamitan, mereka mendendangkan sebuah lagu perpisahan yang membuat mataku berkaca-kaca lalu mengucap syukur dalam diri. Betapa beruntungnya aku daripada mereka. Terima kasih pembelajaran hidup ini, Tuhan.



June 2019
Lebaran tahun ini harusnya aku habiskan di kampung halaman. Namun karena akan mudik di bulan July alhasil lebaran tak ada agenda ke mana-mana. Selain bersilaturahmi ke Jakarta ke rumah salah seorang kawan karib semasa SMK. Lalu, merasakan kembali syahdunya Istiqlal dalam solat ID Fitri di sana. Kembali lagi setelah hampir 10 tahun tak menjejakkan kaki di masjid terbesar se Asia Tenggara ini. Serasa devaju. Dulu, pertama kali merantau sangat mengidam-idam Istiqlal, salah satu mascot Ibukota Jakarta.
Hal baru pembuka jalan dalam pencapaian terbesarku di 2019 adalah lolosnya aku sebagai penulis terpilih WriterpreneurBEKRAF 2019 yang diselenggarakan di Bogor hari Selasa – Jumat, 25 – 28 June. Pembuka jalan baru dalam harapan menjadi “penulis sebagai pekerjaan impian di masa depan.”

July 2019
Minggu 7 July aku kedatangan teman luar biasa dari negeri seberang, Malaysia. Namanya Wana, aku kenal dia di awal tahun 2018 ketika sedang nge-trip ke Kelimutu, Ende. Kami bertemu di puncak Kelimutu, bertukar nomor WhatsApp dan masih sering komunikasi sampai detik ini. Tahun ini dia kembali lagi ke Indonesia untuk mengunjungi daerah baru termasuk Jakarta.
“Aku ke Jakarta ini nak ketemu kamu saja Wilda,” begitu ucapnya padaku. Alhamdulillah silaturahmi terjalan lagi bersama Wana. One day explore Jakarta bersamanya. 


    Sembilan hari mulai dari Selasa sampai Rabu, 9-17 was my home sweet home. Kepulanganku kali ini adalah alasan terbesar kenapa aku tidak mudik lebaran. Because my young brother got married. Congrats bro, you’re rock. Thanks for being such a patiently brother, haha.


         August 2019
August santuy sih ini. Cuma ada 1 kegiatan yang tak terlalu membuatku hectic. Yeey, untuk pertama kalinya aku menjadi narasumber dalam sebuah diskusi, walau masih dalam berbentuk online discuss. Selasa, 27 August Antargata membawaku menjadi narasumber dalam sharing session di KUBBU (Klub Buku dan Blogger) Backpacker Jakarta. Seru, first experience. Ilmu baru, pengalaman baru.

September 2019
Bulan September, bulan-bulannya padat merayap.
Dimulai dari minggu pertama meeting dengan tim partime job ku dibidang traveling. Lumayan dapat insigt baru.
Lalu lanjut hari Kamis tanggal 5 soft launching Antargata di IIBF mewakili Antargata. Lagi dan lagi. Pengalaman baru, ilmu baru.
IIBF
Lanjut Sabtu – Minggu, dinas weekend untuk yang kesekian kalinya di Gunung Pancar.
Lanjut lagi hari Kamis tanggal 19 tampil di VIU Pitching. Perjalanan baru mengantarkan Antargata ke gerbang berikutnya, Insya Allah. Pengalaman perdana juga berurusan dengan dunia per-film-an.
Sabtu tanggal 21 adalah Milad IC, kembali didampuk sebagai MC. Ngoceh hampir seharian. Malamnya dilanjut sebagai narasumber sharing session bersama Indscript. Nyambi juga buat persiapan esok hari karena tepat besoknya hari Minggu adalah grand lauching Antargata bersama pasukan Elang Tempur lainnya di Perpusnas. Wow, sungguh bulan yang padat tapi berfaedah. Alhamdulillah.
Book Launch at Perpusnas
October 2019
Kembali melangkahkan kaki mengantarkan Antargata menuju BEKRAF Festival di Solo. Jumat – Senin, 4 – 7 Solo-Jogja mengawal Antargata sekaligus refresh otak sejenak di Kota Impian, Yogyakarta.
Bekfest
 Ada lagi nih pengalaman baru yaitu menjadi MC lamaran. Haha. Apapun itu sikat, Jon. Saat ditawarkan jadi MC, langsung mengiyakan. Walau belum pernah, ya itung-itungan pengalaman baru. Mulailah mengutak-atik mbah google belajar dari YouTube, dan Alhamdulilah, I did it tepat hari Minggu tanggal 20 October. Good job, Wilda.

November 2019
Selamat datang kembali bulan sibuk.
Dimulai hari Sabtu–Minggu, 9-10. Yang ini hitungannya bukan sibuk, sih, tapi update hidup bersama teman-teman karib. StayCation di Royal Kuningan. Lumayan selain menginap mewah pakai voucher discount, dinnernya juga termasuk fancy dinner hadiah dari lomba menulis. Hehe. Rejeki anak soleha mah gak bakalan ke mana.

Sobat foya-foya (gratisan)
Sabtu tanggal 16 mulai lagi pengalaman baru yaitu menghadiri briefing Kelas Inspirasi di Tangerang. Dilanjut minggu depannya Sabtu 23 November hari Kelas Inspirasi bersama para teman-teman relawan lainnya. Hamdallah ya Allah, Kelas Inspirasi ini termasuk dalam hal-hal yang tidak akan pernah kulupakan dalam hidup. Terima kasih Tuhan telah mengantarkanku sejauh ini dengan segudang pengalaman. Melebihi apa yang aku ekspektasikan.


Masih di bulan yang sama, akhir bulan kembali menapak di puncak gunung Jawa Tengah. Pendakian Gunung Kembang yang mempunyai cerita lain lagi dalam dunia pendakianku. Cerita Kembang yang terukir di hari Jumat – Senin, 29 November – 1 Desember. Hamdallah.

December 2019
Penutup tahun yang tak kalah padatnya. Padat berkah, Alhamdulillah.
Hari Minggu 8 Desember dimulai dengan menghadiri nikahannya salah seorang partner per-single-an waktu umroh. Alhamdulilah, dia duluan yang pecah telor. Semoga segera bisa menyusul langkahnya. Aamiin.
Foto sama mantennya gak ada. Jadi sama sobat single lainnya aja foto bareng
Selasa–Jumat, 11-13 dilanjut kembali diberi kesempatan oleh Allah untuk menginjakkan kaki lagi di Lombok. Masya Allah, Tabarakallah. Kali ini Sembalun berhasil memikat hati.
Selang satu hari kembali lagi dikasih Allah kesempatan untuk naik gunung lagi. Minggu–Selasa, 15–17 Alhamdulillah Puncak Pangrango berhasil digapai. Pangrango bahkan menjadi penutup gunung yang aku daki di 2019 ini. Rekor. 5 gunung dalam 1 tahun.
Menutup akhir tahun Sabtu–Minggu, 21–22 Desember kembali stay cation (gratisan) di Santika BSD. Tak jauh memang. Tapi lumayan menjadi tempat rehat sementara waktu.
Pokoke kudu selalu bahagia
Kalau sudah begini, flashback semua yang sudah dilalui, Masya Allah, Alhamdulillah, tak ada lagi kata-kata yang bisa diucap.
Terima kasih 2019
Terima kasih Wilda Hikmalia
Selamat datang 2020
Semoga tahun ini berlimpah kejutan.
Aamiin ya robbal’alamiin.

*Diselesaikan ketika Work from Home (WHF). Semoga wabah Covid-19 ini segera berlalu ya Allah. Ampuni kami. Izinkan kembali kami beraktifitas seperti sedia kala.
Aamiin ya Robbal’alamiin. 

You Might Also Like

0 Comments