Barang Wajib Bawa Supaya Tetap Eksis Ketika Traveling

Oktober 30, 2019

Tripod, salah satu pendukung saat traveling
Traveling belakangan ini seolah-olah sudah menjadi kebutuhan primer oleh sebagian orang. Dulunya pergi ke suatu tempat yang baru untuk berwisata apalagi tujuannya jauh hanya bisa dilakukan oleh segelintir kalangan “atas” saja. Tapi zaman berubah, terus maju dan berbagai kebutuhan pun meningkat. Sama halnya dengan traveling. Dengan dalih butuh piknik atau biar tetap waras, harus selaras kerja keras dan jalan-jalan, jadilah wabah traveling bergaung ke seantero kalangan. Banyak orang berbondong-bondong untuk pergi ke suatu tempat, mengabadikan momen di sana lalu membagikannya di kanal media sosial. Seru, sih. Apalagi jagi pemantik orang lain untuk semangat menabung dan berkeinginan melakukan perjalanan yang sama.
          Bagi yang hobi traveling, tentu tak mau kan jalan-jalannya hanya berlalu begitu saja tanpa ada dokumentasi? Yap, karena foto-foto itu adalah bukti kalau kita pernah menginjakkan kaki di destinasi yang sedang didatangi. Nah, demi dokumentasi yang sangat berarti itu jangan sampai terlewatkan mem-packing beberapa perangkat berikut ini. Apa saja itu barang wajib yang harus dibawa ketika traveling agar eksistensi terus terjaga? Ini dia ulasannya.

1.   Handphone
Wow, kalau sampai yang satu ini fatal lupa untuk dibawa, bisa brabe urusan selama perjalanan dibuatnya. Bagaimana tidak. Dengan tingginya mobilitas melalui telepon genggam ini, sangat sulit kalau ketika traveling tidak membawa HP. Selain sebagai alat dokumentasi yang easy to hold, Handphone tentunya punya peran lain seperti menyimpan nomor-nomor penting selama traveling atau juga bisa sebagai notes perjalanan.
So, pastikan untuk mengecek kembali HP ketika akan berangkat dari rumah. Jangan sampai sudah tiba di airport atau stasiun lalu baru tersadar kalau HP ketinggalan. Duh ngeri, ya? Atau ada yang pernah kejadian seperti itu?

2.   Charger Handphone
Kalau Handphone sudah aman, pastikan juga membawa alat pengisi baterainya. Hal sepele seperti kelupaan membawa charger bisa saja terjadi. Jangan lupa juga untuk mengecek terlebih dahulu kondisi charger, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
  
3.   Kamera
Ini dia salah satu barang wajib lainnya yang jangan sampai terlewatkan. Walau sebenarnya dari HP bisa saja mengabadikan momen ketika jalan-jalan, tapi untuk hasil yang lebih maksimal kameralah andalan para traveler. Apalagi sekarang ini sangat banyak sekali model pilihan kamera yang bisa dijadikan teman perjalanan. Mulai dari pocket camera, prosumer, mirrorless bahkan sampai DSLR (Digital Single Lens Reflex) camera. Sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan mau kamera yang seperti apa. Ingat, jangan terbawa tren gaya-gayaan, ya. 

4.   Charger Camera
Sama pentingnya dengan charger HP, battery charger kamera pun jangan sampai luput saat packing. Tidak mau kan, bawa kamera kece saat traveling, tapi ternyata kehabisan baterai dan lupa pula bawa charger? Alamak

5.   Powerbank
Apa yang bisa menyelamatkan daya HP ketika hampir mati dalam perjalanan dan arus listrik tidak ada? Sedangkan masih sangat butuh HP untuk update status atau jepret sana-sini. Yes, jawabannya adalah powerbank. Bagiku pribadi powerbank itu sudah ibarat HP kedua. Apalagi ketika traveling di outdoor sampai seharian. Pindah dari satu spot ke spot berikutnya. Ke luar masuk daerah yang kadang akses listrik susah didapat. Tentu powerbank adalah penyelamat daya HP yang tak ada saingannya.

6.   Stop Kontak
Malam hari ketika sudah di hotel atau penginapan, lalu semua perangkat HP, kamera bahkan powerbank sudah kehabisan daya, saatnya untuk di-charge. Seringkali mereka semua harus di charge berbarengan. Solusinya adalah stop kontak, barang wajib bawa berikutnya. Krusial kalau penginapan atau hotel hanya memiliki satu stop kontak saja sedangkan yang mau di cas banyak apalagi kalau barengan dengan travelmate. Biar tak rebutan, membawa stop kontak sendiri adalah solusinya. Malam hari semua perangkat dokumentasi di cas dan esok harinya sudah ready untuk dipakai lagi
Stop kontak si sang penyelamat 
7.   Tripod
Yang satu ini bisa tergolong penting juga. Terutama bagi yang suka solo travel, seperti yang sering aku lakukan. Jalan sendiri itu seru, tapi kadang juga bisa buntu kalau nemu tempat kece tapi tak ada yang bantu motion potret diri. Nah, antisipasinya adalah dengan membawa tripod. Atau kalau sedang jalan rame dengan teman-teman. Ketika mau foto bareng tinggal buka tripod, pasang, setel, dan cekrek. Jadi deh fotonya. 

Itu dia beberapa referensi barang yang jangan sampai lupa untuk dibawa ketika jalan-jalan. Pastikan semua perangkat oke dan bekerja dengan baik. Tidak mau kan sudah traveling jauh tapi tak ada rekam jejak foto di sana? Yuk, packing! Rencanakan liburanmu berikutnya dan jangan lupa untuk membawa tujuh barang di atas, agar kamu siap berpetualang. Jalan-jalan eksis, narsis dan hati pun riang gembira.
Keep traveling J
Para perangkat yang jangan sampai ketinggalan

You Might Also Like

2 Comments

  1. Salam kenal ya, kak. Aku pun wajib bawa smartphone dan kabel charger kalau mau traveling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo salam kenal. Iya, aduuh jangan sampai ketinggalan deh bawa dua barang wajib itu, biar gak matgay selama traveling :)

      Hapus