Cara Pembatalan Tiket Kereta Api (KAI)

April 21, 2017



Artikel ini sih iseng-iseng (berhadiah) saja sebenarnya. Jaga-jaga kalau ada yang tanya cara batalin tiket KAI bagaimana, tinggal copas link blog ini saja. Kalau masih kurang faham, monggo sih japri dan tanya-tanya.

Ini sebenarnya adalah pembatalan kedua kalinya tiket Kereta Api bagi saya. Dulu pernah sekali di tahun 2014 ketika pulang ngebolang dari Banyuwangi. Lebih sering sedekah tiket sih ke KAI daripada ngebatalin. Ya, karena waktu juga kadang yang tidak pas untuk urus ke stasiun. Terakhir tiket kereta PP Ps. Senen - Solo Jebres dengan suka rela di ikhlas kan untuk KAI. Niat mau muncak ke Lawu akhirnya tertunda dulu.

Nah, kali ini juga batalin tiket KAI lagi dengan masih alasan yang sama, Lawu.

Tadinya saya hanya niat 2 hari di Jogja untuk menghadiri wisuda saudara. Namun, H-1 keberangkatan ada tugas dadakan untuk mendampingi anak-anak ke Lawu. Yowis, tiket kepulanganpun harus di batalkan dan dijadwal ulang.

Tiket kereta yang saya batalkan adalah Kereta Api Jaka Tingkir, tujuan Lempuyangan - Pasar Senen dengan keberangkatan tanggal 20 April 2017 jam 18.55 seharga Rp 170.000,-

Pembatalannya saya lakukan di St. Lempuyangan pada tanggal 19 April 2017. Gampang sih prosedur pembatalannya. Cukup datang ke stasiun dan menemui bagian Costumer Service. Nanti akan dikasih FORMULIR PEMBATALAN TIKET, tinggal isi forumulir tersebut dengan lengkap. Sekaligus bawa KTP asli ya, karena nanti akan diminta untuk dicek dan di poto copy petugasnya.


Sistem pengembalian uangnya adalah 75% dari harga tiket. 25% nya adalah biaya Administrasi. Uang pengembalian bisa via cash melalui stasiun yang diinginkan atau via transfer. Saya memilih the second choice. Pengembalian via transfer bank ini memakan waktu 30-60 hari kerja.

Setelah dari CS saya diarahkan untuk tetap print tiket terlebih dahulu lalu antri di loket nomor 2 dengan menyertakan tiket asli yang sudah diprint, formulir pembatalan (tadi) dan poto copy KTP. Yap, tinggal antri di loket, menunggu terlebih dahulu nomor rekening untuk dikonfirmasi and finish. Gampang kan.

Nah, pembatakan tiket Kereta Api ini bisa dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum keberangkatan kereta.

Sekian, semoga bermanfaat.


Malioboro, Jogja 
April 19, 2017 -  22:25 



You Might Also Like

0 Comments